UMK – Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia masih berlangsung dalam pandemi. Sehingga kemeriahan tidak akan ada seperti pada peringatan sebelum pandemi melanda.

Namun keramaian kemerdekaan masih bisa dilakukan melalui media sosial dengan twibbon yang berisi logo dan tema yang patut dihayati.

Pemerintah resmi mengumumkan logo dan tema peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) yang diunggah oleh situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, 17 Juni 2021.

Tema Logo

Tema utama untuk Kemerdekaan ke-76 tahun RI sesuai yang sudah ditetapkan yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh yang mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Makna Logo

Bentuk angka '7' diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia.  Bentuk itu menggambarkan 'kepala Garuda' yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya, bentuk angka '6' diasosiasikan sebagai 'orang dan roda yang sedang bergerak' terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Setelah itu ada bentuk jajar genjang di angka 7 dan jajar genjang sama kaki di angka 6 yang diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Terakhir, bentuk lingkaran pada angka 6 merupakan pertanda kesempurnaan yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai.

Jadi, secara umum ada 4 makna logo, yaitu:

  1. Stabilitas dan pembangunan
  2. Gerak dan pertumbuhan
  3. Ruang kebersamaan
  4. Persatuan dan harapan

 

Berikut link twibbon yang bisa digunakan

  1. Klik link

      https://twb.nz/dirgahayu76indonesia-umk

  1. Klik "Browse Image" dan pilihlah foto yang kamu ingin pasang di twibbon
  2. Jika sudah, klik "Ok/ Lanjut"
  3. Atur posisi foto (bisa melihat preview foto twibbonnya di bagian bawah ya)
  4. Jika dirasa sudah pas, klik upload image atau tahan pada twibbon untuk mengunduh

KULIAH TAMU AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK PROGDI AKUNTANSI UNIVERSITAS MURIA KUDUS

“PERAN AKUNTANSI DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH”

 

 

Kudus, 12 Juli 2021-  Prodi Akuntansi mengadakan kuliah tamu Akuntansi Sektor Publik dengan Tema “Peran Akuntansi dalam Mewujudkan Akuntabilitas Keuangan Daerah”.  Kuliah tamu diselenggarakan pada hari sabtu, tanggal 19 Juni 2021.  Acara dimulai pukul 09.00 WIB. Mahasiswa akuntansi Semester 4 diwajibkan untuk mengikuti kuliah tamu tersebut, karena mahasiswa semester 4 mendapatkan matakuliah akuntansi sektor publik pada semester tersebut.

  

Acara berlangsung selama 2 jam dimulai dari pembukaan, sambutan, penyampaian materi, tanya jawab, beserta quiz. Ada 5 mahasiswa yang beruntung mendapatkan hadiah quiz yaitu Yahya Faza, Dewi Masitoh, Kusnul Rinasih, Norma Sefia Faradita, Riana Putri Wulansari.

Pemberi materi pada acara Kuliah tamu Akuntansi Sektor Publik adalah bapak Nurul Anwar, S.E., M.Sc. beliau merupakan kepala sub Bidang Akuntansi II BPKD Provinsi DKI Jakarta.  Dengan Pengalaman beliau yang luar biasa memeberikan gambaran dan motivasi untuk mahasiswa peserta setelah mendapatkan teori mengenai akuntansi sektor publik. Semoga dengan adanya kuliah tamu ini memberikan tambahan informasi mengenai akuntansi di pemerintahan dan publik, serta dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa-mahasiwa akuntansi.

 

KUDUS – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muria Kudus (UMK) menyelenggarakan acara pelepasan wisudawan/ wisudawati periode Oktober 2019 bertempat di Auditorium UMK pada hari Sabtu (12/10/19). Acara ini dihadiri oleh civitas akademika di lingkungan Universitas Muria Kudus, dan stakeholder serta para orangtua calon wisudawan/wisudawati.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars FEB, pembacaan doa dan dilanjutkan dengan penyampaian laporan kelulusan oleh Bapak Sutono, SE, MM, Ph.D, selaku Wakil Dekan I FEB UMK. Wisudawan/ wisudawati pada periode Oktober 2019 berjumlah 425 orang, dengan rincian 42 dari progdi Magister Manajamen 199 dari progdi Manajemen, 184 dari progdi Akuntansi. Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa IPK tertinggi diraih oleh Hasan Asy'ari dengan IPK 3,97 dari progdi Magister Manajemen. IPK tertinggi untuk progdi manajemen kelas pagi diraih oleh Ryan Aulia Authar dengan IPK 3.81, sedangkan untuk progdi manajemen kelas sore diraih oleh Retno Mulyaningtyas dengan IPK 3,71. Selanjutnya, untuk IPK tertinggi dari progdi akuntansi kelas pagi diraih oleh Rama Ade Taruna dengan IPK 3,85, sedangkan untuk progdi akuntansi kelas sore diraih oleh Nika Handayani dengan IPK 3,89.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi dari Bank Jateng Syariah Kudus dan Bank BNI Syariah Kudus. Penyampaian pesan dan kesan dari wisudawan yang diwakilkan oleh Rizaldo Ahmad Wildan dari progdi akuntansi. Acara ini diakhiri dengan pembacaan doa, lalu dilanjutkan dengan acara ramah tamah bersama dengan dosen dan civitas akademika di lingkungan FEB UMK. Selamat dan sukses kepada wisudawan/ wisudawati FEB UMK, semoga pencapaian dan ilmu yang telah didapatkan ini bermanfaat untuk nusa, bangsa, dan agama.

KUDUS –  Sebanyak sebelas mahasiswa program studi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muria Kudus (UMK) mengikuti kuliah kerja lapangan yang diselenggarakan atas kerjasama antara Universitas Muria Kudus (UMK) dengan Universiti Putra Malaysia. Kegiatan kuliah kerja lapangan merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan ketika mahasiswa menginjak semester V. Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu bentuk upaya dari dunia pendidikan untuk melakukan re-orientasi bagi para mahasiswa yang akan menyelaraskan cara pandang dan penerapan ilmu pengetahuan dalam upayanya meningkatkan kualitas individual dan kelembagaan.

KKL merupakan kegiatan intrakurikuler wajib dalam kurikulum Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus dengan bobot 2 SKS. Program Kuliah Kerja Lapangan diharapkan dapat memberikan orientasi kepada mahasiswa untuk dapat membentuk mahasiswa menjadi sarjana yang berkualitas dan profesional. Kuliah Kerja Lapangan tahun 2019 ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu penambahan obyek yang tidak hanya di dalam negeri atau dikenal dengan KKL nasional tetapi juga merambah ke obyek luar negeri atau yang dikenal dengan KKL internasional.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari dua malam dari tanggal 14 -16 Agustus 2019. Selama kegiatan berlangsung mahasiswa antusias mengikuti diskusi ilmiah di Universiti Putra Malaysia serta berkunjung ke Perusahaan Coklat Beryl’s. Sutono, selaku ketua panitia sekaligus dosen pembimbing lapangan menyampaikan bahwa kegiatan ini akan berlangsung setiap tahunnya sesuai dengan visi program studi manajemen adalah memiliki keunggulan berdaya saing global di bidang Manajemen.

Page 1 of 2