UMK Kembali Gelar Wisuda Ke-68, 694 Mahasiswa Diwisuda

UMK- Sebanyak 694 mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) Program Sarjana dan Pasca Sarjana diwisuda Sabtu dan Minggu (28-29/Mei/2022). Kegiatan wisuda dilaksanakan secara drive-thru di halaman gedung Rektorat UMK mengingat disrupsi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang masih belum selesai.

Dalam sambutanya, Rektor UMK Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa menyelenggarakan wisuda ke-68 dan serasa istimewa karena pelaksanaannya masih di bulan Syawal. "Karena masih di bulan Syawal 1443 H, atas nama pribadi dan seluruh civitas UMK memohon maaf lahir batin, Taqobalallah minna waminkum taqobbal ya kariim, Minal "Aidin Wal Faidin".

Momentum wisuda merupakan pencapaian dan kebanggan tersendiri bagi mahasiswa. "Selamat dan sukses atas pencapaian Saudara hingga hari ini,wisuda kali ini adalah kebanggaan yang istimewa karena saudara tidak hanya lulus secara akademis namun juga bisa menuntaskan belajar dalam situasi disrupsi Pandemi Covid-19 hingga lulus dan masih sehat wal-afiat", ucapnya. Dalam kesempatannya , Prof. Darsono menyampaikan empat pesan yang dapat menjadi poin penting bagi para wisudawan. Pesan pertama, Rektor menekankan kepada wisudawan agar selalu berbakti kepada orang tua, "Berkah yang akan mengiringi langkah saudara kuncinya ada di orangtua", tuturnya.

Yang kedua, yang menjadi utama bagi alumni UMK harus memiliki karakter atau moral yang baik. "Bekalan soft skill khusus merupakan nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi kredo UMK yaitu santun, cerdas, dan berjiwa wirausaha", jelasnya. Rektor UMK mengajak untuk bersama mengingat dan meneladani pesan yang disampaikan beliau Kiai Mustofa Bisri, "Orang pandai tidak berkarakter baik itu jauh lebih berbahaya dibandingkan orang kurang pandai tetapi berkarakter baik. Kepandaian mudah dipelajari tetapi membentuk karakter baik adalah kesulitan tersendiri, ibarat menempa baja yang penuh dengan peluh dan keringat , salah pegang bisa membakar", ucap Rektor UMK. Karakter mahasiswa yang telah terbentuk melalui proses belajar tergambar dalam visi dan misi UMK, teruslah dipegang untuk mengantarkan wisudawan dalam mengarungi kehidupan pendidikan baru dimasyarakat.

Pesan ketiga, di kehidupan yang semakin menantang ini harus mampu alumni UMK lalui dengan mengembangkan adaptibilitas, responsibilitas, daya tahan (resiliensi), daya hidup (survivalitas) dengan sikap kejuangan. Agar lulusan UMK mampu menghidupkan perubahan, bukan sebaliknya dilibas perubahan. Terakhir, pesan keempat alumni UMK yang menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang besar ini saudara harus memiliki integritas, kecakapan dan ketrampilan dalam kebersamaan. Sebagai generasi muda juga harus menjaga, membangun, memajukan dan mensejahterakan bangsa dan negara yang kita cintai bersama.

Alumni dari Universitas Muria Kudus memiliki peran yang strategis dalam pengembangan program studi, fakultas juga universitas yang terwadahi dalam Keluarga Alumni Universitas Muria Kudus. Informasi mengenai jejaring alumni dapat diakses di web UPT PKPA UMK (Pusat Karir dan Pelacak Alumni). Pada kesempatan ini, Rektor UMK juga meminta doa restu dalam pendirian 4 program studi baru. "Mohon doa restu dan dukungannya untuk pendirian 4 program studi baru yaitu prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi S1 Agribisnis, Prodi vokasi PPG BK dan PPG PGSD", tuturnya. Jika memiliki keinginan untuk studi lanjut UMK juga menyediakan pilihan Program Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum dan Magister Pendidikan Dasar. Ucapan terimakasih juga Rektor UMK sampaikan kepada LLDIKTI Wilayah VI dan seluruh jajaran Pimpinan serta Yayasan Pembina Universitas Muria Kudus dan tak lupa seluruh komponen civitas UMK yang telah bahu-membahu dengan segala dedikasi, integritas dan ikhlas turut membentuk lulusan UMK.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko memberikan apresiasi kepada UMK atas terlaksananya wisuda ke-68 ini, "Saya percaya UMK menjadi perguruan tinggi yang mampu mencetak lulusan yang menjunjung tinggi kearifan lokal yang tentu saja dapat digunakan sebagai daya saing di era disrupsi dan bekal mengarungi masa depan wisudawan semua" ucapnya.

Wisuda Periode 68 yang dilaksanakan dua hari ini, berhasil meluluskan wisudawan diantaranya dari Fakultas Pertanian 18 orang, Fakultas Psikologi 13 orang, Fakultas Hukum 74 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 216 orang, Fakultas Teknik 159 orang dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 214 orang dengan jumlah total keseluruhan sebanyak 694 wisudawan.

Wisuda merupakan acara seremonial yang menjadi gerbang dan langkah besar menuju kesuksesan dimasa yang akan datang. Kedepannya, Universitas Muria Kudus berkomitmen untuk terus mencetak lulusan yang unggul dan terus berupaya menumbuh kembangkan UMK menjadi universitas yang maju dan bermanfaat untuk peradaban. (Humas-Linfokom)