Dies Natalis UMK 42: Menuju Unggul dan Bermutu

UMK- Merayakan Dies Natalis ke-42, Universitas Muria Kudus (UMK) memiliki target menjadi universitas yang unggul dan bermutu. UMK yang genap berusia 42 tahun pada 12 Juni tahun ini, menjadi perayaan yang cukup meriah setelah vakum selama dua tahun dikarenakan pandemi. Dimeriahkan dengan beberapa rangkaian acara, pembukaan Dies Natalis UMK 42 tahun ini mulai dari Expo UMKM, berbagai perlombaan internal dan eksternal, Seminar Nasional hingga ditutup tasyakuran. Diusia ke-42, Universitas Muria Kudus menjadi perguruan tinggi swasta tertua di pantura timur, dan masih menjadi favorit oleh masyarakat Muria raya. Sebagai pembuka rangkaian acara, UMK selenggarakan Expo menggandeng UMKM dengan mengusung tema "UMK Unggul UMKM Maju" (2/6/22).

Menargetkan tahun mutu, UMK selalu berupaya untuk menjadi universitas yang lebih berkualitas dari tahun ke tahun. Dalam sambutnya, Rektor UMK Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si., mengatakan , "Tahun ini sebagai tahun mutu, kami (UMK) mencoba meningkatkan dan menata kembali mutu berkenaan dengan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat", ucapnya. Universitas Muria Kudus (UMK) tahun ini mendapatkan kembali predikat sebagai perguruan tinggi swasta peringkat dua nasional penerima pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2022.

"UMK menjadi PTS nomor satu program kreativitas mahasiswa di Jawa Tengah (LLDIKTI 6), sementara di tingkat PTN dan PTS nasional, UMK mendapatkan nomor 13 dari sekitar 6000 perguruan tinggi di Indonesia," imbuhnya. Program Kreativitas Mahasiswa UMK yang lolos pendanaan dari Dikti sebanyak 15 terdiri dari 10 PKM Kewirausahaan, 2 PKM Karsa Cipta,dan 3 PKM Pengabdian Masyarakat. Menilik pencapaian tersebut, UMK dapat mempertahankan dan meningkatkan pencapaian tahun lalu sebagai penerima pendanaan PKM dari Dikti. Tentunya, Universitas Muria Kudus akan selalu menambah dan memproduksi karya dan prestasi demi menunjang target menjadi perguruan tinggi yang bermutu dan berakreditas unggul.

Pada rangkaian acara Dies Natalis UMK ke 42 dibuka dengan simbolis pelepasan balon udara sebanyak 42 buah, pelepasan tersebut juga menandai dibukanya acara Expo yang berlangsung selama tiga hari dari hari Kamis, hingga berakhir pada Sabtu, 4 Juni 2022. Harapannya, dengan bertambahnya usia dari Universitas Muria Kudus dapat menjadi universitas yang berkualitas dan berdaya saing global. (Humas-Linfokom)