Pada hari Jumát, tanggal 24 Desember 2021, Program Studi Manajemen melaksanaan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Peserta FGD adalah Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMK, Kaprodi, dosen pembimbing MBKM dan mahasiswa peserta kegiatan MBKM. Kegiatan MBKM yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Manajemen terdiri dari MBKM Kampus Mengajar, MBKM Transfer Kredit Internasional dan MBKM Magang. Kegiatan FGD diawali dengan pengantar dari Kaprodi Manajemen Nurul Rizka Arumsari, S.E., M.M. kemudian dilanjutkan dengan paparan perwakilan mahasiswa peserta MBKM. Mahasiswa memaparkan pengalaman selama mengikuti kegiatan MBKM, walaupun ada beberapa kendala yang dihadapi namun banyak manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa selama mengikuti kegiatan MBKM. Pada FGD ini, dosen pendamping MBKM memberikan masukkan pada pelaksanaan kegiatan MBKM. Kegiatan ini diakhiri dengan penyampaian hasil rekomendasi oleh Program Studi.

Congratulations Dwi Ningsih on receiving 1st place at Lomba Video Kreatif 2021 " Kudus Bangkit dari Pandemi " by Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Muria Raya with Diskominfo Kudus

Dalam rangka pengembangan kompetensi dosen Prodi. Manajemen, persiapan dosen sebagai trainer berkualitas dan bersertifikasi dalam menyiapkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan sertifikasi guna memperoleh SKPI, serta untuk memperluas jejaring mitra dalam pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, maka dosen tetap Prodi. Manajemen dibekali dengan ilmu bidang penjualan melalui kegiatan TOT hasil kerjasama dengan PT Markplus Indonesia pada Februari 2021.

Dan sebagai lanjutan dari adanya TOT tersebut, Prodi Manajemen berinisiatif untuk menstandardkan kompetensi dosennya melalui sertifikasi BNSP untuk bidang penjualan. Ujian sertifikasi untuk setiap tahapnya masing-masing dilakukan selama dua hari, yang terdiri dari ujian tertulis dan ujian praktek. Kedua bentuk ujian tersebut dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom, yang dilaksanakan secara bergantian di laboratorium Prodi. Manajemen.

Karena jumlah dosen tetap Prodi Manajemen yang mengikuti Sertifikasi BNSP tersebut adalah 25  orang,  maka  sertifikasi  dilaksanakan secara  bertahap. Tahap  1  dilakukan  pada  bulan Februari 2021 dengan peserta 12 orang dosen, dan tahap kedua dilaksanakan pada bulan April 2021 dengan peserta 13 orang dosen. Dan hasilnya adalah semua peserta yakni dosen tetap Prodi Manajemen dinyatakan kompeten dalam bidang penjualan/ “sales operation”. Jadi dosen tetap Prodi Manajemen FEB UMK, termasuk dosen agamanya, telah tersertifikasi BNSP bidang penjualan.

Atas pencapaian tersebut diatas, Prodi Manajemen FEB UMK berharap dapat lebih baik dalam melayani dan melakukan transfer knowledge kepada mahasiswanya, sehingga dapat mewujudkan visi misi Prodi. Manajemen yang merupakan turunan dari visi misi UMK, yakni “Menjadi Program Studi Manajemen yang memiliki keunggulan daya saing global di bidang Manajemen dan pengembangan UMKM berbasis kearifan lokal.”

Pada hari Jumat, tanggal 22 Oktober 2021 Galeri Investasi FEB UMK menyelenggarakan acara berupa penerimaan studi banding Galeri Investasi Syariah IAIN Pekalongan. Penerimaan studi banding ini dilaksanakan guna memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Galeri Investasi Syariah IAIN Pekalongan. Selain itu, juga diharapkan dapat tercipta kerja sama lebih lanjut antara Galeri Investasi FEB UMK dengan Galeri Investasi Syariah FEBI IAIN Pekalongan

Acara berlangsung kurang lebih 2 jam yang dimulai tepat pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB

WIB. Acara ini diikuti oleh pembina dan mahasiswa serta dosen anggota Kelompok Kajian Pasar Modal selaku pengurus Galeri Investasi, jajaran dekanat dan pengurus Program Studi Manajemen serta Akuntansi. Sedangkan pihak dari GIS IAIN Pekalongan dihadiri oleh mahasiswa serta dosen selaku pengurus Galeri Investasi Syariah beserta jajaran dekanat. Acara studi banding yang dilakukan secara online ini cukup memberikan manfaat, dikarenakan banyaknya sharing yang dilakukan antara pengurus Kelompok Kajian Pasar Modal FEB UMK ataupun pengurus Galeri Investasi Syariah IAIN Pekalongan

BERITA WEB-19 NOVEMBER 2021

Pada hari Jumat, tanggal 19 November 2021 prodi manajemen FEB UMK menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema Role of Fintech in the Digital Economy. Kuliah tamu  dengan narasumber dari College of Management & Business Technology, Nueva Ecija University of Science and Technology (NEUST) Filipina yaitu Sheena Mai A.Galman, Ph.D. dan Joel L. Avarezm  LPT  yang membahas mengenai  peran penting dari  financial technology  dalam Ekonomi Digital.

Kuliah tamu dimulai tepat pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB. Acara ini diikuti oleh mahasiswa semester lima yang sedang menempuh mata kuliah Teori Portofolio dan Analisis Investasi, para pimpinan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta dosen Program Studi Manajemen Universitas Muria Kudus. Antusias mahasiswa cukup aktif dalam acara kuliah tamu tersebut, hal ini dapat ditunjukkan banyaknya pertanyaan yang muncul saat sesi diskusi tanya jawab berlangsung.

UMK – Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa UMK yang menyabet medali di Atlet PON XX Papua.  Ada empat mahasiswa UMK yang terjun dalam PON XX Papua.

Rektor UMK Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si mengatakan, selamat kepada para atlet yang sudah membawa nama baik Jawa Tengah dan juga UMK dalam PON XX Papua. Karena berhasil menyabet medali dengan segala perjuangan yang dilakukan. ”Selamat dan semoga terus berprestasi kedepannya,” katanya Rabu (10/11/2021).

Dalam kesempatan itu, rektor juga menanyakan terkait cidera yang dialami atlet, Vinka Widyaningrum. Kondisi jempol yang geser dan retak membuatnya kurang maksimal saat pertandingan, namun masih bisa menyabet perak.

Usai Kembali dari Papua, Vinka langsung dioperasi bagian jempol yang geser dan retak di RS Kariadi. Kondisinya kini tinggal pemulihan, sehingga saat ini masih dalam tahap penyembuhan. ”Semoga segera sembuh,” ucapnya.

Rektor mendoakan, empat atlet yang bertanding dalam PON XX bisa terus maju dan berprestasi. Sehingga memang butuh terus konsentrasi dalam prosesnya.

Dalam kesempatan itu, mereka juga memberikan sebuah kaos kepada rektor sebagai kenang-kenangan. Kaos yang diberikan merupakan kaos khas Papua.

Empat atlet UMK yang ikut dalam PON XX Papua yakni Vinka Widyaningrum yang menyabet medali perak, lalu ada Fatah A Majid, M. Ari Susendra, dan Roisul Umam, ketiganya menyabet medali perunggu.(Humas-Linfokom)

Kuliah Perdana : “ Peluang Profesi Akuntansi di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka”

Adapun acara ini dimoderatori oleh ibu Dinda Tunjungsari SE., Ak, CA, CPA selaku kepala Sub Bagian Umum Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK). Acara kuliah perdana ini diikuti oleh mahasiswa semester 1 dengan sangat antusias. Hal itu terbukti dari banyaknya pertanyaan tentang peluang profesi akuntansi, setelah adanya paparan materi dari narasumber.

 

UMK - Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si resmi melantik Dr. Kertati Sumekar, SE., MM sebagai dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Rabu (27/10/2021). Sebelumnya dekan FEB dijabat pelaksana tugas (Plt) setelah dekan sebelumnya, Dr. Drs. M. Zaenuri, MM meninggal dunia.
Rektor UMK Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si mengatakan, pelantikan dekan FEB ini akan melengkapi perjalanan UMK untuk mewujudkan universitas yang unggul dengan arah indikator, mapan dalam kelembagaan, kuat dan sehat dalam penganggaran dan tangguh dalam persaingan lokal, nasional dan internasional. "Semua itu bisa dicapai ketika pimpinan di semua lini dalam satu kesatuan dalam semangat memajukan UMK," katanya saat memberikan sambutan.
UMk harus terus bergerak kedepan, sehingga ketika ada persoalan yang terjadi harus diurai dan diselesaikan bersama. Sehingga jangan sampai muncul perpecahan, karena dampaknya bisa menghambat dalam upaya memajukan UMK.
"Mari bersama menggali keunggulan yang dimiliki UMK," terangnya.
Kurikulum Kampus Merdeka sebagai tren kekinian juga sudah dioperasionalkan, persoalan jafa dosen dan SDM yang dimiliki UMK juga menjadi perhatian prioritas. Tujuannya tak lain untuk mendorong keunggulan UMK itu sendiri.
Dalam kesempatan tersebut, rektor juga mengucapkan terimakasih kepada Dr. Sulistyowati dan Dr. Dwi Soegiarto yang telah menjalankan pelaksana tugas FEB. "Terimakasih atas dedikasi, integritas dan pengabdiannya hingga saat ini," ujarnya.
Pengurus Yayasan Pembina UMK Tono Martono mengucapkan selamat kepada Dekan FEB, semoga dibawah kepemimpinan yang baru ini, FEB lebih berkembang dan mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik. "Kami berharap, dekan terpilih bisa menjadi sosok pemimpin yang mampu menyayomi semua anggota dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

 


Jika pada masa kepemimpinan lama sudah menorehkan prestasi, kepemimpinan baru bisa meningkatkan prestasi hingga titik maksimal. Salah satu kuncinya adalah kerjasama yang baik antara pemimpin dan anggotanya.
"Mari kita berjuang, bekerja, dan melangkah bersama untuk membawa FEB kepada gerbang kesuksesan dengan prestasi gemilang," imbuhnya.(sol)